Search
Close this search box.

Mengurus Perpanjangan STNK: Langkah Penting untuk Ketenteraman Berkendara

Setiap hari, aku selalu menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi utamaku. Meskipun aku tinggal di desa dan bekerja dari rumah, aku selalu mengingat kapan harus memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Hal ini karena saat zaman kuliah dulu, aku pernah dihentikan oleh polisi dalam razia rutin. Saat diminta menunjukkan STNK, aku sedikit terkejut. Pasalnya, STNK motorku ternyata sudah habis masa berlakunya.

Setelah itu, aku selalu mengingat kapan harus perpanjang STNK. Karena memperpanjang STNK bukan hanya kewajiban, tetapi juga langkah penting untuk memastikan kendaraan yang digunakan sah di mata hukum. Nah berikut ini ada langkah-langkah dan syarat perpanjang STNK motor supaya teman-teman bisa menyiapkannya jika suatu saat masa berlaku STNK habis.

Langkah dan Syarat Perpanjangan STNK Motor

Sebenarnya untuk perpanjang STNK ada yang tahunan dan ada yang lima tahunan. Biasanya, kalau aku perpanjang STNK motor tahunan, aku membayarnya di samsat keliling dekat rumah. Jadi, setiap pekan ada jadwal samsat keliling yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar. Namun, jika di daerah teman-teman tidak ada samsat keliling, silakan mengunjungi kantor samsat terdekat. Sebelum datang ke samsat, pastikan membawa beberapa syarat perpanjang STNK berikut ini.

Syarat Perpanjang STNK Motor Tahunan

  • KTP asli sesuai dengan data yang tercantum di STNK.
  • BPKB asli beserta fotokopinya.
  • Jika diwakilkan, sertakan surat kuasa yang sah.
  • Bagi kendaraan perusahaan, sertakan NPWP, SIUP, dan TDP perusahaan.
  • Siapkan uang yang cukup untuk membayar pajak kendaraan.

Syarat Perpanjang STNK Lima Tahunan

Perpanjangan STNK lima tahunan nggak jauh beda dengan perpanjang STNK tahunan. Bedanya, jika perpanjang STNK lima tahunan memerlukan pemeriksaan fisik kendaraan. Jadi, kendaraan akan diperiksa untuk memastikan nomor rangka dan mesin sesuai dengan yang tertera di dokumen. Untuk syarat lengkapnya, sebagai berikut:

  • STNK asli dan BPKB asli
  • Fotokopi KTP asli dan KTP harus sesuai dengan data yang tercantum di STNK dan BPKB.
  • Kendaraan yang akan diganti platnya (nomor rangka dan mesin harus diperiksa). 
  • Jika diwakilkan, wajib mengisi formulir permohonan, melampirkan KTP pemilik dan orang yang diberi kuasa, serta surat kuasa. 
  • Siapkan uang yang cukup untuk membayar pajak kendaraan.

Mengapa Perpanjang STNK Motor Itu Penting?

Seperti yang sudah aku katakan di atas, memperpanjang STNK motor bukan hanya kewajiban semata, tetapi juga agar kendaraan kita sah secara hukum. Berikut alasan lengkap mengapa melalukan perpanjang STNK merupakan hal yang sangat penting.

  1. Menghindari Denda: Jika telat membayar pajak, akan ada denda yang harus dibayar. Makin lama terlambat, makin besar dendanya.
  2. Legalitas Kendaraan: Membayar pajak memastikan bahwa kendaraan kita tetap legal di jalan. Jika tidak, bisa saja kendaraan kita ditilang atau disita saat razia.
  3. Memastikan Data Kendaraan Terupdate: Khusus untuk pajak lima tahunan, pengecekan fisik memastikan bahwa data kendaraan sesuai dengan dokumen yang ada. Hal ini penting untuk mencegah masalah di masa depan.
  4. Mendukung Pembangunan: Pajak kendaraan adalah salah satu sumber pendapatan negara yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur, termasuk jalan raya yang kita gunakan setiap hari.

Penutup

Bagaimana? Sudah paham pentingnya perpanjangan STNK, kan? Semoga, nggak lagi-lagi telat memperpanjang STNK supaya legalitas kendaraan terjaga dan lebih tenang saat berkendara. Proses memperpanjang STNK juga tidak serumit yang dibayangkan, asalkan kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dan yang terpenting, kita harus menjalankan kewajiban sebagai warga negara yang baik, memastikan kendaraan tetap legal dan aman digunakan di jalan raya.

Share Artikel:
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
5 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Haris Firmansyah
5 September 2024 11:18

wah terima kasih sudah share caranya kak.

Ella Fitria
5 September 2024 13:30

Ternyata kalau kendaraan perusahaan syaratnya lebih banyak ya. Tak kira sama aja.

Rainbow Daily
5 September 2024 13:42

Kalau perpanjang STNK tapi belum balik lama itu kadang suka males karena harus selalu pinjem KTP pemilik sebelumnya. Kenapa gak bisa pakai foto aja ya, kan elektronik.

Susi Susanti
Susi Susanti
5 September 2024 13:51

Apakah perpanjangan STNK di tahun ke-5 sama persyaratannya ya?

Lisin Muhlis
Lisin Muhlis
5 September 2024 14:05

Kalau aku sih lebih prefer pakai samsat keliling, tidak terlalu antre jg kalau di sini